Kamis, 30 Januari 2014

Kopi

Yak udah lama ga ngeposting sesuatu diblog, mungkin karena kesibukan gue yang menyebabkan jarang menulis.... padahal gabut banget sebenernya... refreshing abis dagdigdug nungguin IP, sekarang gue pengen ngedeskripsiin minuman yang sekaligus partner hidup gue.. yaitu Kopi, Coffee, Kafei atau apapun namanya..

Mungkin orang gabakal bingung kenapa gue suka minuman satu ini, karena tampang gue emang cocok sama minuman ini.... tapi disini gue bakal ngasih tau apa itu kopi buat diri gue.....

Yak minuman diatas merupakan minuman favorit gue, disaat santai, sibuk, bangun tidur, malem ngerjain tugas bu amel, atau kapanpun gue mau....


Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi
Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Itu sih dari om wiki.....

buat yang bingung modifikasi kopi, biar gasalah pas mesen ada juga nih 

gue suka espresso, regular, cappuccino juga sih.... hampir semua jenis kopi gue suka... sampe kopi luwak yang dari eek kotoran luwak pun enak.....


Filsafat kopi dikehidupan itu... kopi itu dasarnya pahit, tapi kopi menghangatkan, dan dia bisa menerima perubahan, tergantung apa yang orang inginkan... bisa manis, bisa kental, bisa cair....

Nah kaya kehidupan, kehidupan bisa dibilang emang pahit, tapi dibalik pahitnya kehidupan tersimpan berharganya hidup... ada kasih sayang Tuhan, cinta dari orang tua, kasih sayang teman,pendamping hidup, lingkungan, bahkan makhluk lain yang diciptakan Tuhan...

Kehidupan seseorang, diatur oleh orang itu sendiri, seperti kopi, jika orang tersebut ingin kehidupannya manis, maka ia harus berusaha untuk membuatnya menjadi manis, syukuri kehidupan dan ubah mindset bahwa kehidupan hanyalah berupa suratan takdir dan kita tidak bisa mengubahnya.... hiduplah di kehidupan layaknya kopi dan tetap berusaha menjadikan kopi itu menjadi apa yang kita mau :)

Karena filsafat kopilah, saya sadar akan kehidupan, dan saya mencintai kopi sebagai minuman maupun kehidupan :)

Semoga bermanfaat

Selasa, 26 November 2013

Problematika Public Transportation

Yak mungkin udah sekian lama ga ngepost, dikarenakan kesibukan kuliah males ngepost aja sih hehe...
Mungkin orang yang membaca artikel ini berpikir:
apasih problematika public transportation? 
Kenapa dibahas sih? 
kok lo peduli sih?

Dan gue kali ini bakal ngebahas dan ngejawab semua pertanyaan itu..... terutama menyangkut public transportation yang bernama angkutan kota dan bis kota

Transportasi umum atau transportasi publik adalah seluruh alat transportasi di mana penumpang tidak bepergian menggunakan kendaraannya sendiri. Transportasi umum pada umumnya termasuk kereta, angkutan umum dan bis namun juga termasuk pelayanan maskapai penerbangan, taxi, dll


Okay, dari pengertian diatas, belom muncul problematika yang akan gue bahas saat ini. Sebenarnya semuanya simple, berawal dari orang orang dulu sering naik angkutan umum ataupun jalan kaki. Jarang orang tempo dulu menggunakan kendaraan pribadi, sehingga polusinya juga ga seberapa, ga kaya sekarang.

Nah jadi permasalahannya gue bikin jadi beberapa poin, yaitu :
- Penggunaan kendaraan pribadi menambah kemacetan
- Penggunaan kendaraan pribadi menambah polusi
- Penggunaan kendaraan pribadi menambah biaya atau cost

Mungkin untuk bagian menambah kemacetan orang udah ngerti lah, semakin banyak jumlah kendaraan yang beredar disuatu jalan, pastinya bakal bikin macet, eventhough pengaturan lampu merahnya baik dan ada polisi yang jaga...

Poin kedua juga udah jelas, setiap kendaraan pribadi bermotor menjadi sumber polusi udara yang berperan besar dalam global warming :D jadi ya.... kalo ngeluh kenapa makin hari makin panas, coba mikir sendiri sih sebenarnya itu perbuatan siapa juga :D

Nah poin ketiga.. Mungkin orang setuju dengan alasan ini apabila kendaraan pribadi yang dipakai adalah kendaraan beroda 4, alias boil, bensinnya mahal, polusi, kena macet dll... tapi orang pasti banyak yang menyangkal dengan alasan "Motor lebih murah"
Dan gue pun dengan bangga ingin mempermasalahkannya.... Why? gue punya fakta dari hitungan gue sehari hari.....
  • Ongkos gue bolak balik Soetta - Dipati Ukur : Rp 12.000 (menggunakan angkot)
Kalo sebulan 20 hari efektif berarti Rp 240.000 kalo setahun ya Rp 2.880.000 kalo 4 tahun ya Rp. 11.520.000 diasumsikan kenaikan ongkos angkot Rp 1.000 apabila ada kenaikan BBM, sehinga maximum harga pengeluaran angkot selama 4 Tahun kuliah itu Rp 12.500.000
  • Harga Motor bebek : Rp. 12.000.000
  • Bensin per hari : Rp. 6.500
Kalo sebulan 20 hari efektif berarti bensin Rp. 130.000 kalo setahun ya Rp 1.560.000 kalo 4 tahun ya Rp. 6.240.000 diasumsikan kenaikan harga bensin berpengaruh terhadap ongkos bensin sehingga maximum selama 4 tahun kuliah Rp 7.250.000

Mungkin sekilas terlihat lebih murah sekitar Rp 4.250.000 tapi sudahkah anda berpikir tentang poin poin ini:
  • Terjadi Accumulated Depreciation buat motor, alias harganya ga sama kaya dulu, bisa bisa motor harganya tinggal Rp. 7.000.000 berarti aset berkurang sebanyak Rp 5.000.000
  • Ganti oli : Rp 40.000 per 3-4 bulan, dan apabila kita hitung per 4 bulan selama 4 tahun maka terpakai Rp 480.000
  • Cuci motor, seminggu sekali, minimal menggunakan shampoo motor atau dicuci di tempat pencucian yang harganya variatif diperkirakan dalam 4 tahun sekitar Rp. 400.000
  • Kerusakan motor alias dana tak terduga, bisa turun mesin, spion pecah, aki bocor, ban kempes, ban bocor, dan sebagainya yang biasanya dalam 4 tahun bisa mencapai Rp 250.000 - Rp 1.000.000
  • Resiko ditilang polisi, sekali tilang, 50 Ribu melayang, kalo misalkan alasannya biker yang baik.... ya paling tidak dalam 4 tahun sekali - tiga kali lah ketilang ~
  • Beli peralatan berkendara, kaya Helm, Sarung tangan, Masker ~
Terlihat bahwa penggunaan Motor yg notabenenya "Murah" ternyata tidak semurah yg dilihat

Dan poin diatas biasanya tetap dibantah dengan menggunakan "yang penting kan efisien waktu"
Dan saya akan membantah dengan, menggunakan transportasi umum dapat meningkatkan kedisiplinan dan efisiensi waktu :) try it!


Semua itu ga terpikirkan, karena mindsetnya sudah salah...
Pernahkah anda berpikir apabila semua pengguna jasa transportasi umum berpindah ke kendaraan pribadi, karena memiliki pola pikir yang sama dengan anda? Berapa ratus supir angkutan umum dan bis kota kehilangan penghasilan untuk menafkahi? Berapa juta kubik akumulasi polusi yang kalian hasilkan apabila beralih ke kendaraan pribadi?


Solusinya
Solusinya adalah berjalan kaki apabila dekat, menggunakan sepeda apabila memiliki jarak yang sedang dan gunakanlah angkutan umum apabila kedua cara tersebut tidak bisa digunakan

Kenapa semua ini dibahas? Agar semuanya tahu sebenarnya bagaimanakah kesalahan pemikiran dalam berkendara dan harapan agar kedepannya semakin banyak pengguna transportasi publik
Kenapa saya peduli? Alasan saya peduli bukan karena saya pengguna transportasi publik, akan tetapi karena dialog terhadap beberapa supir angkot, beberapa artikel dan buku yang menyajikan fakta mengenai semua ini, dapat menyentuh hati saya sehingga saya membuat artikel ini..

Mohon maaf apabila artikel ini menyinggung perasaan anda, dan apabila artikel ini terdapat kesalahan dan sumber yang kurang berkenan, mohon dimaafkan atau kontak saya

Sabtu, 26 Oktober 2013

Orang Kaya Amin!!!

Yak kali ini gue bakal nyeritain sohib sohib gue saat ini semenjak masuk unpad :')


Kami adalah 'Orang Kaya Amin'

Memang awalnya terdengar absurd, tapi solidnya..... gausah ditanya deh :')
Sebenarnya... nama orang kaya amin ini diambil dari usernamenya @alifbrur
ketua kelompok kita, yang asli diimpor dari dubai....

Jadi intinya berkat orang ------->
kami semua bisa ngumpul bareng, ngewarteg bareng, pokonya kostan doi juga numero wahid deh......



Dan ini adalah kami.... Orang Kaya Amin

(gambar yang kiri) Urutan dr Kiri : Faisal - Ilham - Dzaky - Gue - Muflih - Alif - Jisin/Jispike - Jibot
Ade ( Yang moto ) - Falah (Absen)

Foto diatas diambil tanggal 20 Oktober, disekitar Jl. Braga... Sebelumnya kita makan makan dulu di Green Cafe, Jl Diponegoro ~

Setelah foto foto, kamipun pulang....
Beberapa anggota Orang Kaya Amin, nginep dirumah Alif... dan memberikan foto foto ganteng aib yang sepertinya gabisa gue share disini......soalnya belom dapet persetujuan padahal dari analisa gue foto yang mereka buat itu mengandung adegan syur dan 18++




Semoga Orang Kaya Amin bener bener kaya dimasa depan dan gabakal lupa satu sama lain....

Jumat, 25 Oktober 2013

17......

Yak kembali lagi bersama saya
Elvis Presley Muhammad Rivares

Cuma mau sharing pengalaman.... Boleh kan?
Yak ini terjadi tanggal 20 Oktober 2013..... itu ulang tahunnya Nadya dan Maghfira Riva, yap itu gue...
Ceritanya sih gue termasuk muda dikampus gituu :$ tapi tampangnya tua *skip skip*

Nah... Ceritanya gue tuh ulang tahun ke 17 *Yaaaay*.... dan kado terindahnya ialah.... UTS

Congratulation!!!!! UTS PERTAMA JADI KADO SWEET SEVENTEEN

Tapi itu tidak menurunkan kebahagiaan kok :")....
tetep ada kado spesial yang bener bener nyentuh :")...... (Walau cuma sekedar gambar)

Kalo ini dari....... tuh ada tulisan 24F.... Mungkin dari Fletcher. Kan nomernya 24...


Kalo yang ini.... ini kado paling ngagetin..
Karena doi guru matematika kesayangan gue :')
Namanya Pak Chusaini, ngajar gue di semester satu pas SMA
I miss you pak :')

Thanks banget yang udah ngucapin, udah ngasih kado, kejutan, ujian
Semoga kita semua menjadi lebih baik :)


Tak Kenal Maka Tak Sayang....

Yak ini blog gue, buat kesekian kalinya gue bikin blog dan itu gagal semua, karena mungkin menulis bukanlah bakat alamiah gue, yak perkenalan duludeh.....

Nama gue Elvis Presley Muhammad Rivares, setiap perkenalan via virtual, pasti gue dikira cewe, mungkin karena biasa dipanggil riva dan bakat terpendam gue muncul yaitu "ngebacot" sehingga semua mengira "Hah? demi apa Riva itu cowo? Sorry banget Riv, gue kira elo cewe."
dan seketika itu juga rasanya gue pengen left, bukan hanya dari social group itu, tapi mungkin dari kehidupan....


  • Soal umur.... jangan ditanya, orang bakalan gapercaya kalo gue baru aja dapet KTP.... dan yang mereka katakan hanya "Ah lo pasti bercanda, muka lo kan muka semester 7".... skip skip...

  • Soal badan.... gue punya berat badan proporsional, kebetulan proporsional buat ukuran hewan kurban, ya itung itung kalo gue dijadiin hewan kurban, mungkin 3 RW bisa kenyang makan daging...

  • Akun SocMed? yaaaa add aja FB gue Muhammad Rivares, atau twitter gue @Rivarese kalo akun akun lain mungkin menyusul kaya akun Red**be.... atau mungkin Bra**ers.... mungkin next time, maklum gue baru dapet KTP.

  • Kerjaan gue sekarang masih KuPu KuPu (Kuliah Pulang) dan Insya Allah gue bakal jadi KuDa (Kuliah Dagang) biar gue nanti pas lulus ada pegangan buat hidup :")

  • Soal Asmara...... Gue ga terlalu mikirin asmara, tapi gue bakal selalu berusaha buat bahagiain pasangan gue, karena bagaimanapun juga doi bakal jadi pendamping hidup gue nanti kelak, doi bakal jadi seseorang yang mendidik anak anak gue.... yaa siapapun doi gue bakal selalu ada kok *ea

Yak mungkin ada beberapa foto artistik mengenai gue yang bisa ditampilin.....
 Ini gue pas Drama Mandarin :") gue yang paling keliatan macho homo digambar itu.

Yak ini pas lagi drama bahasa Inggris, mungkin ini hanya sebagian dari kisah hidup gue.... dan i'll miss that moment so much

Dan saat ini gue kuliah di kampus kesayangan, Universitas Padjajaran :") dimana bokap dan kakek gue alumnus disini, dan mereka pun sukses.... kalo mereka bisa masa gue yang ganteng absurd ini gabisa :")

Yak mungkin kalo kebanyakan malah makin garing dan ngejunk....
Mungkin ada sedikit quote dari seseorang yang ayah gue

"Yang terpenting bukanlah hasil, maupun niat akan kesuksesan dalam meraih suatu cita, akan tetapi kesungguhan niat ingin bermanfaat bagi orang lain"


Sekian dari Gue


M.Rivares